Belajar kepemimpinan efektif, motivasi kepemimpinan, teori kepemimpinan, definisi kepemimpinan, pengertian kepemimpinan, definisi pemimpin, gaya kepemimpinan, pengambilan keputusan, perilaku organisasi, kepemimpinan islam, dll

12 August 2014

Sistem Noken dalam pilpres di papua

Proses sistem noken dalam pemilu presiden dan wakil presiden di papua itu di duga ada dan biasanya ada di daerah pegunungan dan juga di mungkinkan karena daerah sulit terjangkau sehingga memerlukan biaya besar untuk kesana terutama dalam kegiatan sosialisasi.

indahnya papua, sumber gambar : www.papua.go.id

Sistem noken dalam pemilu paling tidak ada dua, yang pertama adalah sistem noken dimana suara di serahkan sepenuhnya kepala suku dan yang kedua adalah sistem noken dimana suara kepada parpol atai capres sebelumnya di musawarahkan untuk kemudian di bagi-bagi berapa banyak parpol atau capres mendapat suara.

MK sendiri sebenarnya di perbolehkan oleh MK, hal ini dilakukan sebagai penghargaan untuk budaya lokal yang ada di papua, karena hal itu di kira sesuai untuk beberapa daerah di papua, jadi sistem ini hanya di berlakukan untuk beberapa daerah saja.

Dan sekarang sistem noken ini menjadi terkenal karena gugatan dari capres Prabowo atas keputu.san KPU tentang hasil pemilu pilpres tahun ini dan tentunya hal ini akan menjadi perdebatan.

Tim Prabowi menyatakab bawa sis tem noken ini tidak di lengkapi dengan berita acara sedangkan tim Jokowi meyakini bahwa sistem noken telah berjalan dengan obaik.

Sistem Noken dalam pilpres di papua Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aa_roy

0 comments: