Belajar kepemimpinan efektif, motivasi kepemimpinan, teori kepemimpinan, definisi kepemimpinan, pengertian kepemimpinan, definisi pemimpin, gaya kepemimpinan, pengambilan keputusan, perilaku organisasi, kepemimpinan islam, dll

03 October 2008

Pendekatan Sifat

Dalam pendekatan sifat keberhasilan seorang pemimpin ditandai oleh adanya kecakapan atau ciri-ciri ideal yang harus dimiliki oleh pemimpin (Mulyasa, 2004:108). Untuk menjadi seorang pemimpin yang berhasil menurut teori ini haruslah memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakan antara seorang pemimpin dan bukan pemimpin. Ciri-ciri tersebut dapat berupa ciri fisik, sifat-sifat kepribadian maupun keterampilan tertentu yang diperlukan.

Keith Davis dalam Thoha (1983:36) merumuskan empat sifat umum yang mempunyai pengaruh terhadap keberhasilan kepemimpinan organisasi yaitu: 1) kecerdasan, 2) kedewasaan dan keluasan hubungan sosial, 3) Motivasi diri dan dorongan berprestasi, dan 4) sikap-sikap hubungan kemanusiaan.

Sedangkan Gary A.Yul dalam Wahjosumidjo (2002:23) menyatakan sifat-sifat dan keterampilan pribadi yang menjadi ciri-ciri keberhasilan pemimpin adalah sebagai berikut: 1) sifat-sifat pribadi meliputi: kemampuan menyesuaikan diri terhadap situasi, selalu siap terhadap lingkungan sosial, berorientasi kepada cita-cita keberhasilan, tegas, kerjasama, mampu, mampu mengambil keputusan, berpengaruh/berwibawa, enerjik, gagah, percaya diri, sabar/tahan uji, dan mau bertanggung jawab. 2) keterampilan meliputi: cerdik, konseptual, kreatif, diplomatis dan taktis, lancar berbicara, banyak mengetahui tugas-tugas kelompok, kemampuan mengatur, kemampuan meyakinkan, dan kemampuan berkomunikasi.

Dengan demikian seorang pemimpin menurut pendekatan ini harus mempunyai sifat-sifat individu dan keterampilan tertentu yang membedakan antara seorang pemimpin dengan bukan pemimpin.

Pustaka :
Mulyasa. 2005. Manajemen Berbasis sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Thoha, Miftah. 1983. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.
Wahjosumidjo. 1987. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pendekatan Sifat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aa_roy

0 comments: